TERWUJUDNYA NAGARI KUDU GANTIANG BARAT YANG CERDAS DAN RELIGIUS UNTUK KESEJAHTERAAN MASYARAKAT #bersamamembangunnagari

Artikel

BAB III

17 Juli 2020 00:22:23  Pemerintah Kudu Gantiang Barat  3.139 Kali Dibaca 

BAB III

VISI DAN MISI WALI NAGARI

 

3.1 Visi

Proses penyusunan RPJM Nagari Kudu Gantiang Barat sebagai pedoman program kerja pemerintah Nagari Kudu Gantiang Barat  ini dilakukan oleh lembaga-lembaga tingkat Nagari dan seluruh warga masyarakat Nagari maupun para pihak yang berkepentingan. RPJM Nagari adalah pedoman program kerja untuk masa enam tahun yang merupakan turunan dari sebuah cita-cita yang ingin dicapai di masa depan oleh segenap warga masyarakat Nagari Kudu Gantiang Barat cita-cita masa depan sebagai tujuan jangka panjang yang ingin diraih Nagari Kudu Gantiang Barat. Cita-cita masa depan Nagari Kudu Gantiang Barat  disebut juga sebagai Visi Nagari Kudu Gantiang Barat.

 

Walaupun visi Nagari Kudu Gantiang Barat secara normatif menjadi tanggung jawab Wali Nagari, namun dalam penyusunannya melibatkan segenap warga Nagari  melalui rangkaian panjang diskusi-diskusi formal dan informal. Visi Nagari Kudu Gantiang Barat semakin mendapatkan bentuknya bersamaan dengan terlaksananya rangkaian kegiatan dan musyawarah yang dilakukan untuk penyusunan RPJM Nagari tahun 2018-2024. Dalam momentum inilah visi Nagari Kudu Gantiang Barat yang merupakan harapan dan doa semakin mendekatkan dengan kenyataan yang ada di Nagari dan masyarakat. Kenyataan dimaksud merupakan potensi, permasalahan, maupun hambatan yang ada di Nagari dan masyarakatnya, yang ada pada saat ini maupun ke depan.

 

Bersamaan dengan penetapan RPJM Nagari Kudu Gantiang Barat, dirumuskan dan ditetapkan juga Visi Nagari Kudu Gantiang Barat sebagai berikut :

“ Terwujudnya Nagari Kudu Gantiang Barat yang cerdas dan religius untuk kesejahteraan masyarakat ”

  Keberadaan Visi ini merupakan cita-cita yang akan dituju di masa mendatang oleh segenap warga Nagari Kudu Gantiang Barat. Dengan visi ini diharapkan akan terwujud masyarakat Nagari Kudu Gantiang Barat yang maju dalam bidang pertanian, agama, wirausaha dan ekonomi, sehingga bisa mengantarkan kehidupan yang sejahtera. Di samping itu, diharapkan juga akan terjadi inovasi pembangunan Nagari di dalam berbagai bidang utamanya pertanian, peternakan, kesehatan, dan kebudayaan yang ditopang oleh nilai-nilai adat dan agama sebagaimana falsafah minangkabau “ Adat Basandi syarak, Syarak Basandi Kitabullah, Adaik Mamakai syarak Mangato”

 

3.1 Misi

Hakekat Misi Nagari Kudu Gantiang Barat  merupakan turunan dari Visi Nagari Kudu Gantiang Barat. Misi merupakan tujuan jangka lebih pendek dari visi yang akan menunjang keberhasilan tercapainya sebuah visi. Dengan kata lain Misi Nagari Kudu Gantiang Barat merupakan penjabaran lebih operatif dari Visi. Penjabaran dari visi ini diharapkan dapat mengikuti dan mengantisipasi setiap terjadinya perubahan situasi dan kondisi lingkungan di masa yang akan datang dari usaha-usaha mencapai Visi Nagari Kudu Gantiang Barat.

Untuk meraih Visi Nagari Kudu Gantiang Barat  seperti yang sudah dijabarkan di atas, dengan mempertimbangan potensi dan hambatan baik internal maupun eksternal, maka disusunlah Misi Nagari Kudu Gantiang Barat    sebagai berikut:

  1. Meningkatkan kualitas kehidupan beragama berdasarkan falsafah adat basandi sarak, sarak basandi kaitabullah.
  2. Mewujudkan perekonomian dengan system berbasis ekonomi kerakyaktan.
  3. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang cerdas dan terampil melalui dukungan program pemerintah daerah.
  4. Peningkatan pembangunan infrastruktur dan fasilitas umum nagari.
  5. Peningktan peran masyarakat serta perantau untuk kemajuan pembangunan nigari.
  6. Berdirinya pasantren terpadu di nigari kudu gantiang barat.

Kesimpulan dari visi dan misi Nagari Kudu Gantiang Barat   yaitu tersedianya potensi sumber daya manusia dan sumber daya alam yang merupakan faktor pendukung untuk mewujudkan visi dan misi selama 6 tahun ke depan.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Nagari

Aparatur Nagari

Back Next

Sinergi Program

Disduk Capil Kab. Padang Pariaman

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Nagari


Alamat : Jl. Kp.Pauh -Simpang Paga Kawek
Nagari : Kudu Gantiang Barat
Kecamatan : V Koto Timur
Kabupaten : Padang Pariaman
Kodepos : 25553
Telepon :
Email : kudugantiangbarat@gmail.com