TERWUJUDNYA NAGARI KUDU GANTIANG BARAT YANG CERDAS DAN RELIGIUS UNTUK KESEJAHTERAAN MASYARAKAT #bersamamembangunnagari

Artikel

PEMBUATAN VCO

24 Maret 2021 00:33:32  Pemerintah Kudu Gantiang Barat  39 Kali Dibaca  Berita Nagari

PELATIHAN PENGOLAHAN KELAPA UNTUK MEMPRODUKSI VCO, MINYAK GORENG DAN ARANG AKTIF BAGI IBU RUMAH TANGGA DI NAGARI KUDU GANTIANG BARAT

Pohon kelapa ialah tumbuhan yang mempunyai banyak manfaat. Hampir semua dari bagiannya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sehingga di anggap sebagai tumbuhan serbaguna. Salah satu yang bisa dimanfaatkan dari kelapa yaitu santan yang digunakan untuk memasak. selain untuk memasak, buah kelapa bisa dijadikan Virgin Coconut Oil (VCO).

Nilai ekonomi kelapa masih rendah karena masih kurangnya olahan lebih lanjut dari komoditas tersebut. Terutama di Nagari Kudu Gantiang Barat, Kelapa yang terdiri dari tempurung, sabut, daging buah dan air kelapa tidak ada yang terbuang. Buah kelapa juga menghasilkan produk olahan populer yang terus dikembangkan hingga saat ini yaitu Virgin Coconut Oil (VCO). Yang sangat bermanfaat bagi manusia.

Minyak Virgin Coconut Oil (VCO) ialah minyak kelapa murni yang proses pembuatannya melalui pemisahan secara alami. Bapak Drs. Fachni Hari ialah instruktur/pelatih dari koperasi produsen Kudu Ganting Saiyo bersama asisten pelatih Bapak Zulnadi (Jon). Masyarakat diajari cara memperoleh/mengelola buah kelapa menjadi Virgin Coconut Oil (VCO). Masyarakat sangat apresiasi dengan kegiatan ini karena selama ini masyarakat kurang mengerti fungsi dari minyak VCO. Minyak VCO banyak sekali fungsi dan kegunaannya diantaranya dapat digunakan sebagai bidang kesehatan/pengobatan berbagai penyakit. Bapak wali Nagari Kudu Gantiang Barat TK. BGD MHD. SAYUTI, SPdI menyampaikan pada saat pelatihan tersebut agar semua peserta mampu meningkatkan nilai guna dari kelapa tersebut sehingga hal ini akan meningkatkan perekonomian masyarakat, karna melihat potensi yang ada di sekitar lingkungan rumah warga yang mempunyai pohon kelapa yang bisa diambil kapan saja,dengan ada kemampuan pengolahan kelapa ini akan ada dampak naik nya nilai ekonomi karna selama ini pemanfaatan kelapa hanya dijual dengan harga rendah.

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Nagari

Aparatur Nagari

Back Next

Sinergi Program

Disduk Capil Kab. Padang Pariaman

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Nagari


Alamat : Jl. Kp.Pauh -Simpang Paga Kawek
Nagari : Kudu Gantiang Barat
Kecamatan : V Koto Timur
Kabupaten : Padang Pariaman
Kodepos : 25553
Telepon :
Email : kudugantiangbarat@gmail.com