TERWUJUDNYA NAGARI KUDU GANTIANG BARAT YANG CERDAS DAN RELIGIUS UNTUK KESEJAHTERAAN MASYARAKAT #bersamamembangunnagari

Artikel

STUDY TIRU NAGARI KUDU GANTIANG BARAT MENGAKHIRI KEGIATAN 2019

02 Januari 2020 22:12:07  Pemerintah Kudu Gantiang Barat  387 Kali Dibaca  Berita Nagari

STUDY TIRU NAGARI KUDU GANTIANG BARAT MENGAKHIRI KEGIATAN TAHUN 2019

Sebanyak 25 Orang Perangkat Nagari, Bamus Nagari serta Lembaga Nagari Kudu Gantiang Barat Kecamatan V Koto Timur Kabupaten Padang Pariaman melakukan studi tiru Ke Nagari Pariangan Kecamatan Pariangan Kabupaten Tanah Datar.

Berbekal semangat dan keinginan yang kuat agar dapat melaksanakan study tiru ini, Wali Nagari Kudu Gantiang Barat memimpin langsung dengan tujuan agar dapat membawa perubahan yang baik setelah melaksanakan studi tiru tersebut.

Fokus dari Nagari Kudu Gantiang Barat melaksanakan studi tiru ke Nagari Pariangan yang merupakan Nagari terindah di dunia ini, salah satunya mengenai Adat istiadat serta sistem pemerintahan di Nagari Pariangan ini.

Di Nagari ini termasuk yang terbaik dalam menjaga rumah adat tradisional yang disebut Rumah Gadang,  sehingga sampai sekarang masih dijumpai banyak dan juga terawat dengan baik. Pada Nagari ini juga masih dijumpai Surau yang masih aktif yang pembangunannya sudah hampir ratusan tahun. Selain dari pada itu di Nagari Pariangan ini juga terdapat situs cagar budaya baru Tungku Tigo Sajarangan.

Berdasarkan diskusi kami yang disebut dengan Desa terindah di dunia ini tidak karya destinasi wisata akan tetapi yang sebenarnya adalah indah dari segi Adat Istiadat serta kebudayaan masyarakat yang masih terjaga dari dahulu kala sampai saat ini.

MHD.Sayuti Wali Nagari Kudu Gantiang Barat mengapresiasi terkait budaya masyarakat di Nagari Pariangan sehingga nantinya kita di Nagari Kudu Gantiang Barat bisa dan membuat  aturan-aturan adat bersama Niniak Mamak di Nagari untuk terwujudnya Nagari yang selalu menjadi niai-nilai budaya yang sudah ada di Nagari kita sejak Zaman dahulu.

Hal inilah yang membuat kita melaksanakan study tiru Ke Nagari Pariangan ini, karena melihat nilai adat dan budaya sudah mulai memudar.

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Nagari

Aparatur Nagari

Back Next

Sinergi Program

Disduk Capil Kab. Padang Pariaman

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Nagari


Alamat : Jl. Kp.Pauh -Simpang Paga Kawek
Nagari : Kudu Gantiang Barat
Kecamatan : V Koto Timur
Kabupaten : Padang Pariaman
Kodepos : 25553
Telepon :
Email : kudugantiangbarat@gmail.com